30 Juli 2009

Persiapan Menghadapi CPNS

INFORMASI LOWONGAN KERJA
Hal-hal yang harus disiapkan dalam tes cpns juga Tip dan Trik
Berikut ini pengalaman dan sekilas tip untuk mempersiapkan segala macam mengikuti cpns.
Proses Administrasi
Kartu Kuning/Kartu Pencari Kerja
Untuk membuat kartu ini klo di t4ku sih cukup pake copy ijazah terakhir dan photo 3x4 (boleh hitam putih atau warna), khusus klo baru pertama kali buat kartu kuning diminta menunjukkan ijazah asli, dan jika dah pernah buat cukup bawa aja kartu kuning yang lama dan photo terbaru. GRATIS…. Tapi gpp kasih aja seikhlasnya kalo mo ngasih… heheheh
SKCK/Surat Keterangan Catatan Kepolisian
Nah Bagian ini nih yang cukup panjang, tapi jangan khawatir bisa diurus kok (malah punyaku diurusin ama adek hehehe), klo pertama kali buat biasa bawa surat pengantar dari desa, trus ke polsek, trus ke polres, yang mesti disiapkan adalah photo 4x6 secukupnya, juga ktp, dan kartu keluarga. Biaya sih relative, tapi klo di polres ga dipungut biaya (waktu itu sih)
Surat Kesehatan/KIR
Klo diminta surat kesehatan dari dokter pemerintah artinya dokternya HARUS punya NIP dan jangan lupa surat kesehatannya kudu ada No. nya, biasa didapatkan di puskesma dan rumah sakit, biaya Rp 5000-7000 aja, cukup bawa KTP aja..
Pas photo
Siapkan saja photo hitam putih dan warna secukupnya, untuk yang berwarna siapkan saja photo dengan latar belakang merah dengan pakaian rapih kemeja pake dasi.
Legalisasi Ijazah
Siapkan legalisasi ijazah dengan cap dan tanda tangan basah (Asli cap dan asli tanda tangan) bukan legalisasi photo copy (biasanya ditolak nih), trus yang menandatangani minimal Pembantu Dekan II, siapkan aja klo mo lamar cpns sebanyak-banyaknya, juga transkip.
Surat Lamaran
Biasanya ditulis tangan (atau tergantung permintaan) gunakan tinta hitam dan ditulis di kertas folio bergaris… contoh surat lamaran cpns bisa di download di http://www.infokerjaku.co.cc
Daftar Riwayat Hidup
Tuliskan daftar riwayat hidup apa adanya, jangan berbuat tidak jujur, karena akan jadi masalah buat anda.. klo belum punya pengalaman kerja, tuliskan aja aktivitas kegiatan di kampus atau luar kampus, misal aktif di organisasi (jangan tulis aktif di partai ya… )

Ok semua persiapan sudah disiapkan… tinggal kita mencari info cpns dan mencoba melamar
Untuk mencari info cpns biasanya pengumuman penerimaan di pasang di website masing-masing.. cari aja website yang berakhiran go.id, misalnya www.bps.go.id atau bisa cari di milis-milis atau bisa juga rajin kunjungi http://www.infokerjaku.co.cc
Klo sudah nemu infonya silakan baca dan cermati baik-baik tata cara, peryaratan dan prosedurnya.
Sekarang sudah banyak departemen/badan yang menyelenggarakan pendaftaran secara online, disamping juga pendaftaran secara langsung atau via pos.
Khusus pendaftaran secara online, ada beberapa hal yang harus disiapkan, misalnya no ktp, no ijazah, dan yang paling penting punya EMAIL, dan saya merekomendasikan pake email gmail, karena ada beberapa kasus email yahoo verifikasinya tidak nyampe atau bahkan telat nyampe, dan sering masuk spam..
Setelah daftar online tolong dicatat (bila perlu, untuk menjaga verifikasi tidak masuk ke email kita) no registrasi, user id dan password, jika anda menerima verifikasi pendaftaran, simpan baik-baik email tersebut.
Pendaftaran online biasanya tetap diikuti dengan pengiriman berkas kita via pos atau bahkan kita disuruh datang membawa berkas itu pada hari yang ditentukan, bisa juga setelah daftar online, kita diberi jadwal untuk tes pendahuluan online.
Setelah kita mendapatkan kartu peserta , di cek ya t4 pelaksanaan tesnya dimana, diusahakan klo belum tau survey terlebih dahulu, agar pas waktunya kita tidak nyasar, atau terlambat, secara psikis terlambat menyebabkan konsentrasi berkurang.
Ketika menghadapi tes tenang dan rileks saja, jangan gugup atau malah belajar di tempat tes…. Logikanya kita mau tinju apakah sesaat sebelum tinju kita melakukan tinju terlebih dahulu? Tentunya tidak, kita akan kalah sebelum bertanding…..
Jadi siapkan materi jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan tes…. Kuasai materi terutama untuk meningkatkan kecepatan pengerjaaan soal hitungan juga berlatih penalaran… karena pengalaman saya mengikuti tes cpns sebagian besar TPA nya basisnya hitungan/penalaran, juga tambah kosakata untuk meningkatkan perbendaharan kata. Lakukan latihan dan latih terus… tes cpns diikuti ribuan orang, maka yang dibutuhkan bukan orang yang pintar, tetapi orang yang CERDAS….. dan jangan lupa berdoa, perbanyak sedekah dan silaturahim…
OK cukup sampai disini dulu…. Semoga harapan anda tercapai untuk jadi PNS. Aamin.
Jika ada pertanyaan atau konsultasi tentang CPNS atau memerlukan contoh soal cpns yang dilengkapi pembahasan dan trik-triknya (GRATIS) silakan hubungi:
hery_99_04@yahoo.com

Kembali Ke Halaman Depan
www.infokerjaku.co.cc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar